Perhatikan 5 Hal Penting Ini Dulu Sebelum Membuka Bisnis Online

Situsbisnisonline || Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak sektor kehidupan ikut berubah dan bertransformasi. Salah satunya dengan semakin banyaknya bisnis online yang tengah digandrungi saat ini. Selain praktis, bisnis online juga tak harus membutuhkan modal besar karena Anda tak harus menyewa tempat untuk berjualan.

Namun, bukan berarti mudah untuk menjalankan bisnis berbasis online. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar produk dan brand milik Anda bisa survive dan tak kalah saing dengan brand lain.

5 Hal Penting Yang Wajib Anda Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

1. Cari Ide Bisnis yang Kreatif dan Berbeda

Banyaknya persaingan membuat Anda gak boleh menjadi “ordinary” alias biasa-biasa saja. Coba Anda eksplor lagi ide-ide dan peluang bisnis yang kreatif dan berbeda dari yang lain. Brand yang Anda usung juga harus punya ciri khas sehingga bisa menjadi nilai jual lebih di mata customer.

Dengan begitu persaingan bisnis Anda bisa lebih di perkecil dan brand milik Anda juga mudah dikenali oleh pelanggan Anda. Menciptakan ide yang tidak tidak biasa memang cukup sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda bisa lihat dan survey produk sejenis yang sudah ada dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih menarik.

2. Mengenali Pelanggan Anda

Mengenal pelanggan bisnis Anda merupakan langkah esensial agar produk Anda bisa segera dikenal dan diterima. Namun, masih banyak juga yang kadang mengabaikan step ini. Sebelum memutuskan membuka bisnis online penting buat Anda untuk melakukan riset siapa target pasar yang Anda tuju.

Setelah mendapatkan data yang pasti, Anda pun bisa paham apa sebenarnya keinginan customer dan bagaimana cara yang tepat untuk memasarkan produk Anda.

Baca Juga : Kenali 5 Kesalahan Jualan Online yang Bikin Bangkrut di Facebook

3. Produksi Sendiri Atau Jadi Reseller

Keduanya memilki nilai tambah dan nilai kurang sendiri. Menjadi reseller memang lebih praktis karena Anda hanya perlu menjual kembali produk yang Anda beli. Berbeda jika Anda memilih melakukan produksi sendiri yang cukup memakan banyak waktu dan tenaga.

Namun, menjadi reseller tentunya Anda harus rela mengeluarkan modal yang lebih besar karena Anda tinggal menerima produk jadi. Nah, kalau produksi sendiri Anda bisa memilih bahan baku yang sesuai keinginan dan budget sehingga modal Anda bisa ditekan.

4. Carilah Platform Serta Strategi Bisnis Online Yang Sesuai

Setelah mengenal bisnis Anda dan pelanggan yang Anda tuju, saatnya menyusun strategi! Bukan berarti dengan membuka bisnis online jadi Anda harus membuat berbagai macam sosial media untuk mempromosikan produk. Cara itu justru membuat produk Anda lebih dikenal. Pilihlah platform yang paling sering digunakan oleh pelanggan Anda.

Jika pelanggan Anda adalah generasi milenial, instagram dan website bisa jadi tempat yang cocok. Berbeda lagi jika pasar Anda adalah ibu rumah tangga atau bapak-bapak yang lebih sering menggunakan Facebook dan WhatsApp. Bertransaksi lewat dua platform itu akan lebih mudah untuk mereka dibandingkan harus melakukan transaksi melalui website.

Baca Juga : 7 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Untuk Pelajar Ini Bisa Diterapkan

5. Tidak Hanya Berjualan, Anda Juga Harus Mendekatkan Diri Kepada Customer

Agar mendapatkan pelanggan yang setia, jangan hanya mementingkan penjualan saja tapi dekatkan diri dengan pelanggan Anda sendir. Pastikan Anda memberikan pelayanan yang baik serta produk yang berkualitas.

Berikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda dan jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada pelanggan. Solidaritas yang kuat antara Anda dan pelanggan bisa membuat mereka percaya dengan brand milik Anda. Akhirnya mereka tidak akan meragukan produk yang ada di toko Anda.

sekarang sudah tahu kan langkah apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuka bisnis online? Walaupun terlihat praktis, mengurus bisnis secara luas membutuhkan usaha dan keseriusan lho.