8 Peralatan yang Harus Disiapkan Ketika Ingin Memulai Online Shop

Situsbisnisonline || Semakin berkembangnya zaman, banyak orang yang ingin menjalankan bisnis online shop. Biasanya online shop hanya dijadikan sampingan, jadi pemilik toko bekerja di pagi hari dan siang hari mengurus tokonya. Biasanya mereka menggunakan gaji mereka yang telah terkumpul untuk dijadikan modal.

Tapi banyak sekali orang yang menjadikan online shop sebagai ladang penghasilan utama mereka. Nah, dibawah ini sudah ada beberapa benda yang harus Anda persiapkan ketika ingin memulai online shop. Mari simak!

8 Peralatan Untuk Online Shop

1. Alat Tulis

Pen atau pensil sangat penting guna untuk menulis alamat dari pembeli. Jika tidak ada alamat maka barang tidak akan sampai dong. Tulislah dengan rapi agar pihak dari ekspedisi tidak kesulitan membacanya.

2. Kertas

Tidak perlu pakai kertas yang baru, kertas sisa juga boleh asalkan bersih. Kerja digunakan untuk menjadi tempat tulis alamat pembeli. Ada juga yang dicetak, jika tidak punya printer, tulis tangan saja sudah cukup.

Baca Juga : Kenali 5 Kesalahan Jualan Online yang Bikin Bangkrut di Facebook

3. Selotip/Lakban

Selotip/lakban berguna untuk menempelkan kertas alamat di barang yang dikirim. Selotip juga dapat digunakan untuk menempelkan bungkus plastik agar rapi menutupi barang agar tidak terkena air. Gunakan selotip yang bening untuk alamat dan selotip coklat untuk plastik.

4. Alat Potong (Gunting atau Cutter)

Gunting atau cutter berguna untuk merapikan plastik pembungkus barang yang dikirim. Gunting juga dapat digunakan untuk memotong ketika menempel barang. Sediakan barang ini minimal satu karena sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Penting Ini Dulu Sebelum Membuka Bisnis Online

5. Plastik

Plastik apa aja bosa. Intinya plastik dapat melindungi benda yang dikirim. Untuk mencegah hal yang tidak terduga seperti hujan. Jika tidak diplastikan, takutnya barang rusak terkena air.

6. Barangnya

Yah, kalau gak ada barang mau jual apa emangnya? Sediakan barang untuk dijual entah Anda beli untuk dijual kembali atau produk buatan Anda sendiri. Bila modal Anda belum mencukupi, bisa melakukan dropship. Tapi sebelum melakukan dropship Anda harus izin dulu ya sama pemilik toko.

Baca Juga : Tidak Hanya Bisnis Online 7 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Untuk Pelajar Ini Bisa Diterapkan

7. Smartphone

Usahakan menggunakan smartphone untuk Anda berjualan. Usahakan ponselnya lancar dan tidak ngelag untuk membuka online shopnya. Entah itu dari Instagram, Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Sekarang sudah banyak kok pilihan HP yang murah tapi berkualitas, yah untuk sekedar komunikasi dan online shop tidak masalahlah.

8. Uang

Uangnya digunakan untuk biaya ongkir pembeli. Saat membeli, sertakan harga barang dan ongkirnya terutama kalau bukanya di Instagram. Kalau di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee tinggal pilih ekspedisi yang ingin digunakan untuk mengirim. Contohnya rumahnya dekat dengan JNE dan J&T, nah pilih ekspedisi yang digunakan untuk toko Anda.

Online shop adalah pilihan orang-orang terutama anak SMA atau yang masih sekolah. Paginya sekolah, siangnya mereka pulang sekolah bisa mengerjakan tugas sambil mengelola toko. Selain membantu orang tua, juga bisa mendapatkan uang jajan. Persiapkan barang-barangnya terutama barang yang ingin dijual. Semoga berhasil.

Iklan