Kenali 5 Kesalahan Jualan Online yang Bikin Bangkrut di Facebook

Situsbisnisonline || Pada tahun 2017 silam tercatat 130 juta penduduk Indonesia menjadi pengguna Facebook. Data ini menyatakan bahwa Facebook menjadi media sosial paling banyak pengguna dan populer di Indonesia.

Banyaknya orang yang menggunakan media sosial ini ternyata bisa menguntungkan orang-orang yang ingin mempromosikan online shop. Berjualan di Facebook tentunya sah-sah saja. Namun Anda juga harus memahami bahwa aktivitas bergadang nggak mengganggu pengguna yang lain. Sebab, jika salah langkah bisa mengakibatkan akun Anda di-block maupun unfriend

Agar online shop laku dan nggak mengganggu orang lain, berikut kesalahan yang harus Anda hindari di Facebook.

1. Gunakan Facebook Profile

Jika Anda ingin oline shop Anda dapat menghasilkan keuntungan, sebaiknya hindari membuat akun di Facebook biasa. Anda dapat menggunakan Facebook Fanpage. Pada Facebook Fanpage terdapat banyak fitur yang bisa mendukung online shop Anda. Misalnya jumlah like yang tidak terbatas, statistik untuk memantau usaha promosi dan konektivitas ke layanan media sosial Anda gunakan untuk promosi toko online.

2. Terlalu Sering Men-Tag Produk

Jika Anda terlalu sering memberikan tag pada teman atau orang yang Anda kenal di Facebook, tentu hal ini bisa membuatnya risih dan di anggap spam. Agar nggak mengganggu, lakukan tag jika ada postingan yang bermanfaat. Hal ini akan jauh lebih berkesan dan berguna. Tentunya Anda juga perlu melakukan interaksi dengan follower yang akan berpengaruh pada kepopuleran akun Facebook Fanpage Anda, bukan?

3. Kualitas Gambar Jelek

Mungkin karena tergesa-gesa deadline posting dan kualitas gambar tidak baik, Anda asal comot produk gambar dan segera saja mempostingnya pada online shop Anda. Apabila gambar Anda dengan kualitas yang jelek bisa mengurangi kepercayan konsumen pada kualitas barang.

Hal seperti ini juga akan berpengaruh pada reputasi keprofesionalan yang menurun sehingga merugikan produk yang Anda promosikan. Yang tidak kalah penting, hindari juga mengedit terlalu berlebihan. Calon pembeli yang kecewa karena menerima produk yang gak sesuai dengan promosi akan mengurangi minat untuk kembali membeli produk lain di lapak Anda. Hal ini mempengaruhi jumlah pelanggan. Jadi, usahakan menggunakan foto senatural mungkin dengan kualitas yang bagus.

4. Tak Mengatur Waktu Posting

Anda wajib mengetahui waktu yang tepat untuk mengunggah postingan terbaru agar tidak membuat promosi sia-sia. Usahakan posting produk Anda pada waktu yang tepat. Kapan? Saat orang-orang menggunakan atau membuka Facebook. Data yang tercatat kebanyakan orang membuka media sosial pada saat makan siang atau ketika sepulang kerja.

5. Selling Terus Menerus

Buatlah personal merek pada online shop di akun Facebook Fanpage. Jangan terus-menerus hanya berdagang saja yang Anda posting. Jika hanya itu saja yang di unggah, tentu saja akan membuat follower Anda merasa jenuh dan tidak respek pada produk Anda.

Patutnya akun Facebook pribadi, buatlah akun fanpage yang terlihat seperti manusia. Anda bisa memposting kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Tapi sekali lagi lakukan hal itu secara wajar dan jangan berlebihan. Anda bisa juga berbagi tips yang bermanfaat atau apapun yang berkaitan dengan produk. Dengan copywriting yang baik, caption pada foto atau status bisa jadi tidak terlihat jualan. Hal ini dapat menarik perhatian pengunjung online shop.

Itulah 5 cara yang perlu Anda hindari agar online shop Anda semakin laris manis. Sudah waktunya para pebisnis online untuk lebih serius dalam menangani promosi agar semakin sukses. Smoga penjelasan ini bisa memicu online shop Anda menjadi lebih baik. Happy working!